Warga Resah, Pelayanan System Kabupaten Malang Tersentral di Kepanjen, Umar Usman Beri Solusi

dr. Umar Usman (Ketua Tanfidziyah PCNU Kab.Malang) dan Bakan Calon Bupati Malang (balon)

Malang, Jatimpost.com – Akhir-akhir ini masyarakat Kabupaten Malang meresahkan kembali terkait dengan sistem pelayanan yang sampai saat ini mayoritas masih terpusat di wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang.

Keresahan masyarakat ini pula yang dijawab oleh bakal calon (balon) Bupati Malang, dr. Umar Usman yang juga Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Kabupaten Malang.

Terkait hal tersebut, Umar menyampaikan, bahwa pelayanan harusnya dapat diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat hingga ke pelosok desa di Kabupaten Malang.

“Ini problem yang mendasar, karena luasnya Kabupaten Malang. Harus bisa disiasati agar pelayanan tidak tersentral, sehingga mendekatkan pelayanan dengan masyarakat. Itu hal-hal prinsip yang ada di jaman serba online. Jadi dibuat sistem online saja,” jelasnya saat ditemui di RSUD Kota Malang, Kamis (02/7/2020).

Pria yang juga dijuluki sebagai dokter rakyat ini menjelaskan kembali, terkait persoalan itu seharusnya pelayanan kepada masyarakat dibagi empat wilayah besar. Yakni, Malang Utara, Malang Barat, Malang Selatan dan juga wilayah Malang Timur.

Hal itu sebagai pemerataan pelayanan yang dekat dan diharapkan juga dapat selesai dengan cepat jika nantinya masyarakat akan mengurus segala kebutuhan yang terkait dengan pelayanan publik.

“Pelayanan diratakan. Di Utara ada, di Barat ada, di Selatan ada, kalau perlu di Timur juga ada. Sehingga yang bisa disederhanakan melalui perwakilan di zona-zona itu. Kalau perlu itu diperbanyak pelayanan di desa. Jika di desa sudah cukup, ya di desa saja, tidak perlu ke Kepanjen,” bebernya.

Dengan didukung sistem online pada pelayanan masyarakat hingga ke pelosok desa, akan sangat membantu dan mempermudah masyarakat untuk mengurus segala kebutuhan, khususnya terkait proses administrasi.

“Apalagi dengan mendekatkan pelayanan ke masyarakat di Kabupaten Malang yang luas ini, pasti masyarakat akan sangat mendukung. Itu di daerah mana-mana sudah bisa dilakukan, kenapa kita tidak,” ungkap pria yang juga sebagai Direktur RSUD Kota Malang.

Umar sosok pria yang digadang-gadang akan diberikan rekomendasi oleh DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKB juga sedikit menyinggung adanya keresahan masyarakat yang muncul hingga terdapat isu terkait pemisahan wilayah Malang Utara dengan Malang Selatan. Hal itu pun menurut Umar kurang meratanya pelayanan masyarakat yang mudah dan cepat di Kabupaten Malang.

“Adanya keresahan dari masyarakat dengan isu pemisahan Malang Utara dengan Malang Selatan. Terjadi disintegrasi masyarakat Kabupaten Malang. Dengan pelayanan yang tersentral,” pungkasnya.