Viral Video Penghuni Ruang Isolasi Covid-19 di Jombang Keluhkan Minim Fasilitas

Foto Istimewa

Jombang – Video sejumlah orang pasien penghuni ruang isolasi Covid-19, yang berada di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Pemkab Jombang, mengeluhkan minimnya fasilitas serta pelayanan yang buruk. Di antaranya, tidak ada air bersih.

Sehingga untuk mandi dan memasak mereka kesulitan. Hal itu terungkap dalam tayangan video uang viral melalui media sosial. Terdapat dua video yang sudah tersebar, pertama dengan durasi 31 detik dan yang kedua 20 detik.

Pada percakapan di dalam video itu, seorang perempuan yang mengenakan baju daster warna cokelat berteriak minta tolong karena tidak bisa memasak, kemudian seorang pria juga menyauti dengan teriak kelaparan.

“Tolong beginilah nasibnya orang kecil. Mau masak supermi tidak ada kompor. Tolong ini, makan mie mentah,” ucap seorang ibu-ibu di dalam video tersebut.

“Beginilah mau makan tidak ada yang dimasak. Apa alasannya, tolong tolong. Tolong, yang ada di sini kelaparan ini,” saut seorang pria yang mengenakan sarung warna merah dan berkaus abu-abu di dalam video itu.

Sedangkan pada video kedua, menampilkan dua orang yang mengeluhkan fasilitas air bersih yang tidak tersedia di lokasi karantina. Video berdurasi 20 detik itu memperlihatkan dua orang berada di ruangan yang terdapat kran air. Namun kran tersebut tidak ada airnya.

Keduanya mengeluh tidak bisa mandik, memasak, bahkan untuk sekedar cebok juga tidak bisa. Kedua orang tersebut menunjukkan kran air yang sedang tidak mengalir.

“Dari kemarin tidak ada airnya. Kamar mandinya juga gitu, kosong terus airnya. Tolong diperhatikan pak. Kami kesulitan air. Tidak bisa cebok,” ujar keduanya.

Sementara itu, Koordinator GTPP Covid-19 Kabupaten Jombang, dr Pudji Umbaran membenarkan, video tersebut merupakan pasien positif Covid-19 warga Desa Plosokerep yang sedang diisolasi di gedung STIKES Pemkab Jombang. Video yang mengeluhkan fasilitas di ruang isolasi itu, kata Pudji, terjadi 3 hari yang lalu.

“Viral video dari keluhan para penghuni rumah isolasi STIKES Pemkab Jombang, dapat kami informasikan bahwa video tersebut kita terima beberapa hari yang lalu,” kata Pudji, Senin (8/6/2020).

Pudji tidak membantah keluhan minimnya fasilitas di ruang isolasi itu. “Kami sudah instruksikan kepada pejabat terkait untuk melakukan pengeboran ulang, untuk menambah debit air dan kebutuhan air di STIKES Pemkab Jombang,” tandasnya.