Tolak Pemakaman Sesuai Protokol Covid-19, Warga Jember Uruk Makam yang Baru Digali

foto istimewa

Jember, Jatimpost.comWarga Dusun Gumukbago, Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember, menolak pemakaman dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Makam yang sebelumnya digali untuk prosesi pemakaman, kembali diurug oleh warga.

Dari pihak keluarga sendiri, sebenarnya sudah menerima pemakaman dilakukan sesuai protokol COVID-19. Namun ada beberapa orang yang kemudian diduga melakukan provokasi.

“Tadi ada oknum warga yang memang bicara dengan tidak baik dengan bilang jika lubang makam kurang dalam. Akhirnya warga terprovokasi dan tidak terima dengan pemakaman protokol Covid-19 ini,” kata koordinator pemakaman dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jember, Arif Junaedi, Selasa (29/9/2020).

Untuk meredam suasana, muspika setempat berkoordinasi agar pemakaman cepat diselesaikan. Hingga pukul 13.00 WIB, mediasi masih dilakukan muspika setempat. Polisi dan TNI juga berusaha menenangkan warga agar prosesi pemakaman dapat segera diselesaikan.

“Kita masih menunggu hasil koordinasi dari Muspika setempat, untuk proses pemakaman bagaimana kelanjutannya ini,” tandasnya.