Tiga TKI asal Blitar Meninggal Dunia, ini Penyebabnya

Foto Ilustrasi

BLITAR, Jatimpost.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar menyebutkan ada tiga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Blitar yang meninggal dunia. Ketiga TKI tersebut meninggal di negara tempat mereka bekerja. Disnaker juga menyebutkan, penyebab meninggalnya TKI tersebut akibat kecelakaan kerja dan sakit.

Su’udi pria asal Desa Jatitengah, Kecamatan Selopuro contohnya, Beliau meninggal dunia di Malaysia karena kecelakaan kerja. Selain itu Sujono (43) warga Dusun Sumberarum, Desa Sidorejo, Kecamatan Doko, meninggal di Brunei Darussalam karena sakit. Dan Sri Susiani (45) warga Jalan Mastrip Kelurahan/ Kecamatan Srengat meninggal di Taiwan.

“Yang dua TKI sudah berhasil dipulangkan ke tanah air dan diserahkan ke pihak keluarganya,” jelas Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Disnaker Kabupaten Blitar, Jarun saat ditemui di kantornya Jl. Imam Bonjol Kota Blitar, Selasa (12/9/2017). Seperti di lansir detik.

Sementara TKI atas nama Susiani, lanjut Jarun, belum diketahui sebab meninggalnya dan kapan bisa dipulangkan ke Indonesia. Menurut Jarun, ketiga TKI ini tidak mempunyai Kartu tenaga kerja luar negeri (KTKLN). Namun belum bisa dipastikan mereka legal atau illegal.

“Kami telusuri mereka belum punya nomor ID KTKLN, namun legal tidaknya masih ditelusuri lebih jauh lagi,” tuturnya.

Meski mereka belum diketahui statusnya, namun Pemkab Blitar melalui Disnaker tetap akan memberikan fasilitas pemulangan jenazahnya. Dengan catatan, ada laporan dari pihak keluarga.

“Asal ada laporan dari pihak keluarga, kami tetap fasilitasi pemulangannya. Dengan membawa dokumen TKI yang bersangkutan itu, kami bisa bantu telusuri keberadaan dan posisi yang bersangkutan dengan berkoordinasi ke pihak BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri,” pungkasnya.