Tidak ada Ambulans, Perempuan Asal Pati Pingsan di Trotoar Dievakuasi dengan Mobil Polisi Jombang

Foto Istimewa

Jombang – Seorang wanita ditemukan pingsan di pinggir jalan protokol Jombang. Selama dua jam lebih, perempuan tersebut dibiarkan tergeletak karena tidak ada yang berani mendekat. 

Ironisnya, petugas mengevakuasinya dengan mobil patroli polisi karena tidak ada mobil ambulans yang datang.

Perempuan ini tergeletak di dekat kursi pengunjung Taman Kebonrojo, tepatnya di Jalan Dr Soetomo, Kelurahan Jombatan, Kecamatan Jombang sejak sekitar pukul 05.30 WIB. Warga sekitar tak ada yang berani mendekatinya karena khawatir perempuan ini menderita Corona.

Dia diketahui bernama Wahyu Utami (30), warga Desa Growong Kidul, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Perempuan ini memakai baju motif polkadot warna merah hati, celana hitam dan jilbab biru. Barang bawaan perempuan ini berada di bangku Taman Kebonrojo.

Mendengar adanya informasi orang pingsan tersebut, petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang langsung meluncur ke lokasi. Petugas BPBD Jombang dengan mengenakan masker dan sarung tangan, langsung memeriksa kondisi korban.

“Korban sempat kejang-kejang, kemudian tak sadarkan diri. Kondisi korban masih bernapas, denyut nadi masih ada,” terang Supervisor Pusdalops BPBD Jabupaten Jombang Stevie Maria atau Peppy.

Peppy menjelaskan perempuan ini terpaksa dibawa ke RSUD Jombang menggunakan mobil patroli polisi karena mobil ambulans tidak kunjung tiba. Padahal, pihaknya sudah menunggu sekitar 30 menit di lokasi.

“Sudah kami laporkan ke RSUD Jombang, tapi mobil ambulans tidak juga sampai. Sementara kesadaran pasien naik turun, maka kami putuskan pakai mobil patroli,” Pungkas Peppy, Rabu (6/5/2020).

Pepy tidak bisa menjelaskan penyebab wanita tersebut pingsan. Saat ini wanita asal Pati tersebut dibawa ke RSUD Jombang. Rencananya, korban akan dilakukan rapid test untuk memastikan pasien terpapar covid-19 atau tidak. “Kami bawa ke RSUD. Ini sedang dirapid test dan lain-lain,” tandasnya.