Temuan 81 Kantong Darah Terpapar Penyakit Menular

Blitar – Menurut Bambang Wahyudianto Sekretaris PMI Kabupaten Blitar jumlah itu merupakan rekapitulasi tujuh bulan terakhir ditahun ini.

“Kami setiap bulan merekap hasil tes laboratorium pada darah pendonor. Dan selalu ditemukan kantong darah yang terpapar penyakit menular,” ujar Bambang

Ada empat jenis penyakit menular terdeteksi. Diantaranya Hepatitis B, Hepatitis C, penyakit kelamin dan HIV. Sebanyak 38 kantong darah terdeksi penyakit Hepatitis B, 7 kantong darah terdeteksi Hepatitis C, 21 kantong terpapar penyakit kelamin Sifilis dan 15 kantong darah terdeteksi HIV.

“Kami baru bisa mendeteksi jika darah terpapar penyakit ketika sudah disadap atau diambil,” lanjutnya.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui bagi calon pendonor darah. Seperti diperiksa berat badannya, tekanan darah dan mengisi inform consern. Pada tahapan ini, calon pendonor harus jujur mengisi penyakit yang diderita, baik yang masuk kategori menular atau tidak. Rupanya pada tahapan pengisian inform consern, masih banyak calon pendonor yang tidak mengisi dengan jujur.

Bambang menambahkan, data pendonor yang darahnya terpapar penyakit menular akan dilaporkan ke Dinkes. Selanjutnya, Dinkes akan melakukan upaya konseling dan penanganan kesehatan lebih lanjut. Dan darah yang terpapar penyakit menular telah dipisahkan. Kemudian akan dikirim ke pihak rekanan di Surabaya untuk dimusnahkan.