Tangkal Penyebaran Covid-19, Satgas NU malang Luncurkan Buku The New Normal Life

Foto Istimewa

Malang, Jatimpost.comSatgas Peduli Covid-19 Nahdatul Ulama (NU) Malang Raya meluncurkan buku berjudul ‘The New Normal Life’. Buku tersebut berisi panduan tentang menangkal penyebaran Covid-19, perspektif Islam soal Covid-19, tata cara hidup berdampingan dengan virus tersebut, hingga ramuan tradisional penangkal virus Corona.

Ketua Satgas Peduli Covid-19 NU Malang Raya, dr. Syifa Mustika mengatakan, pengalaman mengurusi penyebaran Covid-19 di Malang Raya menjadi inspirasi dalam penulisan buku ini. Buku ini dianggap sebagai sumbangsih Satgas Peduli Covid-19 NU Malang Raya kepada masyarakat.

“Sebagai bagian sumbangsih kami buku new normal life. Jadi di buku ini, buku umum untuk awam segala sesuatu tentang COVID-19 bisa di dapatkan di sini mulai apa itu Covid-19. Bagaimana perspektif islam, kemudian bagaimana pencegahan dan pengobatan juga ada tips sederhana serta protokol kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh orang awam,” papar Syifa, Kamis, (12/11/2020).

Ia menjelaskan, dalam buku setebal sekitar 170 halaman ini juga berisi tentang panduan menjalankan kegiatan keagamaan di masa pandemi, seperti tahlil, shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha dan panduan pemotongan hewan kurban.

“Dan di buku ini, kami memuat kearifan lokal jadi ada tentang jahe, madu, kunyit dan sebagianya yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh,” katanya.

Selain dijual di platform digital atau toko buku online, buku tersebut juga dibagikan secara gratis untuk pondok pesantren di wilayah Malang Raya.

“Nantinya 100 persen hasil penjualan buku ini akan didonasikan untuk pelaksanaan kegiatan pencegahan Covid-19,” tandas dr. Syifa.

Peluncuran buku ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Kesehatan RI, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. Terawan. Ia menilai Satgas Peduli Covid-19 NU Malang Raya telah berperan aktif dan membantu pemerintah dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Selamat atas peluncuran buku ini. Saya sangat mengapresiasi,” tandas Terawan.