Tanah Longsor yang Terjadi di Trenggalek Akibatkan Jalan Penghubung Antar Kecamatan Terputus

Longsor di Kecamatan Munjungan menutup akses jalan penghubung antar dua kecamatan

Trenggalek, Jatimpost.com – Bencana alam tanah longsor dan banjir yang terjadi di beberapa daerah di Trenggalek menyebabkan aktifitas masyarakat menjadi terganggu. Salah satunya tanah longsor yang terjadi di Kecamamatan Munjungan, mengakibatkan akses jalan penghubung antar Kecamatan menjadi tertanggu hingga saat ini.

Untuk mengatasi hal itu, warga Dusun Gembes, Desa Masaran, Kecamatan Munjungan bergotong royong untuk membersihkan material longsor yang ada di beberapa titik. Bahkan di salah satu titik longsor membuat jaringan listrik PLN putus.

“Untuk yang utara ini menutup total jalan, kalau titik yang selatan masih bisa dilalui sepeda motor. Selain itu juga merusak jaringan listrik PLN,” kata Kepala Dusun Gembes Mei Wahyudin, Rabu (28/10/20).

Akibat timbunan material longsor tersebut, akses jalan utama penghubung antara Kecamatan Munjungan dan Dongkoh terputus total. Untuk mencapai dua daerah tersebut warga harus melalui jalur alternatif.

“Ada satu jalur alternatif, tapi kalau pendatang atau bukan orang sini sulit, curam sekali,” ujarnya.

Hingga saat ini alat berat yang diterjunkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek dalam proses pembersihan material di titik longsor tersebut. Ditargetkan proses pembersihan akan tuntas hari ini.

“Ini masih alat berat masih mengerjakan pembersihan longsor di titik satu, nanti kalau sudah selesai langsung ke titik kedua. Insyaallah hari ini tuntas,” ujarnya. [*]