Siapkan Cawagub untuk Gus Ipul, PDIP ingin Nahdliyin dan Marhaen Bersatu

SURABAYA, jatimpost.com – PDIP akan mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk Pilgub Jatim 2018. Empat bakal cawagub dari PDIP kini tengah disiapkan untuk mendampingi Gus Ipul.

Wasekjen PDIP Ahmad Basarah mengatakan, keempat nama tersebut masih disusun oleh PDIP. Seperti diketahui, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas digadang-gadang masuk radar PDIP jadi bakal cawagub.

“Persatuan antara nahdliyin dan marhaen itu jawaban kemenangan pasangan calon PDI Perjuangan bersama PKB atau NU di Jawa Timur,” ujar Basarah di Universitas Airlangga, Surabaya, Jatim, Selasa (3/10/2017).

“Ada 4 nama calon wakil gubernur yang masih digodok di DPP. Nanti ketua umum PDI Perjuangan Ibu Megawati yang memutuskankannya,” kata Basarah.

Pihaknya meyakini, jika NU dan Marhaen bersatu, maka dipastikan dapat memenangkan kontestasi pemilihan gubernur di Jawa Timur. Meski begitu, Basarah belum memberikan jawaban kapan PDIP akan memberikan rekomendasi. Sebab, keputusan ada di tangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketum PDIP.

“Ada langkah yang belum kita buka secara politik, karena ini strategi perjuangan. Tapi, yang pasti, kita mantapkan konsolidasi untuk memastikan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang kelak diusung Ibu Mega adalah pasangan calon yang elektabilitasnya memang sangat besar,” pungkasnya.