Serangan Ulat Hijau Berakhir Setelah Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Lakukan Ini

Penyemprotan insektisida di pohon yang dipenuhi ulat hijau

Pasuruan, Jatimpost.com – Serangan ulat hijau dua minggu terakhir  yang membuat resah warga di Desa Gajahrejo, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan berakhir setelah Dinas Pertanian melakukan penyemprotan insektisida secara masal.

Penyemprotan dilakukan di semua lokasi yang terdapat ulat hijau. Mulai dari pohon-pohon hingga rumah warga. “Kami lakukan penyemprotan. Kami turunkan 5 petugas dan melibatkan warga untuk membasmi ulat,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Yetty Purwaningsih.

Setelah melakukan penyemprotan, Yetty memastikan serangan ulat hijau yang menempel di pohon-pohon serta merambat ke rumah warga dipastikan sudah berakhir.

“Sudah tuntas. Ulat itu juga tidak berbahaya bagi manusia,” terang Yetty.

Banyaknya populasi ulat hijau disebabkan karena pemangsa alami seperti burung dan rangrang saat ini telah berkurang. Oleh sebab itu, populasi ulat hijau bertambah banyak dari tahun ketahun.

“Selain merusak pohon, ulat menyebabkan gatal jika tersentuh tubuh. Warga membersihkan rumah dari ulat setiap saat,” kata Kepala Desa Gajahrejo, Kasiyanto. [aw]