Seorang Pria Dibekuk Polisi Usai Bobol Rumah Mantan Ketua DPRD Banyuwangi

Foto Istimewa

Banyuwangi, Jatimpost.comSeorang pria asal Semarang nekat membobol rumah mantan Ketu DPRD Banyuwangi. Rumah KH Ahmad Wahyudi di Jalan Ikan Teri, Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Banyuwangi.

Pelaku masuk dengan mencongkel pintu kamar dengan menggunakan clurit. Beruntung, aksinya keburu diketahui massa dan pelaku langsung diamankan.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara menuturkan, identitas tersangka maling itu Rudi Listiyono (26), warga Dusun Kedesen, Desa Kradenan, Kaliwungu, Semarang, Jawa Tengah.

“Kejadiannya tiga hari yang lalu. Sekitar pukul 16.30 WIB,” ujar Arman, Sabtu (7/11/2020).

Pelaku masuk ke kediaman korban melalui pintu bagian belakang yang terbuat dari triplek dengan cara didorong. Selanjutnya, Rudi bergerak menuju lantai dua rumah.

Menurut Arman, pelaku saat itu tidak menyadari jika rumah yang disatroninya merupakan kediaman mantan Ketua DPRD Banyuwangi.

“Kepada petugas tersangka mengaku tidak tahu jika rumah tersebut milik mantan Ketua DPRD,” lanjut Arman.

Lantaran tak juga mendapat barang-barang berharga. Pelaku terpaksa menyikat beberapa baju di rumah tersebut. Rencananya, pakaian curian tersebut akan dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Pelaku tak memiliki tempat tinggal di Banyuwangi. Jadi, hidupnya berpindah-pindah. Begitu melihat rumah kosong, langsung disatroni,” tandasnya.

Tersangka pun kini dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.