Sekretaris Fraksi PKB Jatim Sarankan Pemerintah Beli Hasil Panen Petani

Jatimpost.com – Sekretaris Fraksi PKB  DPRD Jawa Timur Ahmad Tamim menyarankan pemerintah untuk membeli hasil panen petani. Sebab sejak wabah covid-19 melanda, sektor perekonomian riil terganggu, termasuk anjloknya harga jual hasil panen para petani. Kondisi yang demikian perlu ada campur tangan dari pemerintah berupa kebijakan atau program subsidi membeli hasil pertanian petani.

“Subsidi itu diberikan dengan cara membeli produk mereka. Anggarannya bisa diambilkan dari penanganan Covid-19,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Tamim itu.

Ia menilai, anggaran penanganan refocusing bersumber dari APBD Jatim hingga saat ini belum tepat karena hanya focus pada titik permasalahan yaitu kesehatan. Sedangkan dampak dari wabah covid-19, seperti melemahnya perekonomian masyarakat kurang tersentuh.

“Selama ini ada kesalahan penganggaran. Di semua level (pemerintahan) Covid-19 identik dengan hand sanitizer. Padahal, ada hal lain yang juga urgen, yakni penanganan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya pertanian yang mendapat dampak covid-19, peternakan rakyat juga ikut terdampak. Seperti yang terjadi di Blitar, peternak ayam telur mengalami kerugian bahkan ada yang bangkrut.

“Yang seperti ini mestinya diantisipasi oleh pemerintah. Jadi, saat harga jatuh, pemerintah membeli dengan harga pasar. Tujuannya untuk menutup selisih harga itu, sehingga petani tidak menjadi korban,” sambungnya.

Skema membeli hasil ternak dan pertanian milik petani dan kemudian dijual kembali kepada masyarakat akan sangat membantu pengendalian ekonomi. “Jadi di hulunya, petani tidak rugi, karena selisih harga sudah ditutup pemerintah. Sedangkan di hilirnya, harga menjadi terkendali,” terangnya.