Sejahterakan Nelayan Gresik, Paslon Qosim-Alif Janji dirikan BUMD Perikanan

Foto Istimewa

JatimPost, Gresik – Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Gresik, Qosim-Alif berkomitmen akan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang husus bergerak di sektor perikanan.

Komitmen ini langsung disampaikan oleh Qosim-Alif saat melakukan kampanye di Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Selasa (10/11/2020).

Cabup Qosim memaparkan, program kerjanya nanti ketika terpilih salah satunya kelompok nelayan akan diproteksi dan dibantu peralatannya dengan regulasi.

“Kami buatkan husus pasar yang berkonsep wisata kuliner, sehingga bisa menghasilkan nilai tambah bagi ikan hasil tangkapan,” papar Qosim.

Lanjut Qosim, untuk penataan hulu akan dibangun pengadaan cold storage untuk ikan hasil tangkapan nelayan. Cold storage ini akan dibangun di wilayah pesisir, agar ikan yang ditangkap bisa awet dan tidak mudah busuk.

“Dan rencana besar kami akan buat BUMD perikanan, pabriknya akan mengolah hasil nelayan menjadi ikan kemasan dan sebagainya sehingga harga saat tangkapan melimpah tetap stabil,” terang Qosim.

Kedatangan Paslon QA ke Desa Campurejo mendapatkan sambutan hangat warga hususnya para nelayan. Mereka juga berharap besar QA terpilih pada coblosan Pilkada 9 Desember 2020 dan dilantik menjadi bupati dan wakil bupati Gresik.

Di tempat yang sama, Yusuf Fadel, salah satu nelayan Campurejo menceritakan, permasalahan yang sering dialami nelayan adalah kehadiran tengkulak yang begitu mencekik para nelayan. Sebab, karena modal awal melaut dipinjami oleh tengkulak.

“jadi para nelayan disini harus bisa menerima Konsekuensinya, yang mana nelayan harus menjual hasil tangkapannya kepada tengkulak dengan harga yang tidak menguntungkan sama sekali,” bebernya.

Dengan curhatan tersebut, selanjutnya Yusuf mengusulkan kepada Qosim dan Alif untuk membentuk koperasi khusus nelayan, dengan menyediakan kredit lunak untuk modal para nelayan melaut.

“Syukur-syukur kalau tanpa bunga, sehingga bisa memutus mata rantai jeratan tengkulak,” imbuhnya.