Sebar Hoaks Tentang Pasien Covid-19 Meninggal, Seorang Pria di Ponorogo Diamankan Polisi

Foto Istimewa

Ponorogo – Gara-gara menyebarkan berita hoax tentang adanya pasien Covid-19 di Ponorogo yang meninggal dunia, pria paruh baya berinisial AH asal Semanding, Kecamatan Kauman diamankan Polres Ponorogo.

Setelah ditangkap, warga Desa Semanding Kecamatan Kauman Ponorogo itu mengakui telah menyebarkan berita yang tidak benar ke group facebook, dan berita itu berisi foto pasien yang sedang dirawat. Kemudian ia menambahkan kata-kata yang menyebutkan nama seorang pasien yang meninggal akibat virus Corona.

“Alhamdulillah kami bisa mengamankan pelaku penyebar berita hoaks yang meresahkan masyarakat Ponorogo akhir-akhir ini,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Areif Fitrianto, Kamis (9/4/2020).

Keberhasilan Polres Ponorogo dalam mengamankan pelaku, berdasarkan informasi yang diberikan masyarakat. Di mana memberitahukan mengabarkan informasi yang bohong tentang pasien virus corona yang meninggal.

“Akhirnya kami lakukan penyelidikan, dengan peralatan teknologi yang ada, kami berhasil mengamankan pelaku AH ini,” Ujarnya.

Selain mengamanakan pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa handphone untuk mengupload berita hoaks. Dan screenshot postingan AH di group facebook ICWP tanpa sensor. Dan mengamankan AH ini.

Kapolres mengimbau, masyarakat tidak terburu-buru dalam menyebarkan suatu berita. Arief juga meminta agar masyarakat menyaring dulu berita yang ada.

“Apakah informasi benar atau tidaknya. Sekiranya benar, ya baru di-share, namun jika bohong atau tidak benar, langsung dihapus saja. Jangan malah berita hoak atau bohong itu disebarkan, sejak bisa melanggar UU ITE. Kami profesional, akan terus melakukan proses hukum lebih lanjut. Supaya menjadi pelajaran di masyarakat,” tandasnya.