Sambut Hari Santri, GP Ansor Ponorogo Gelar Kirab 100 Ribu Doa Pagar Bumi

Foto Istimewa

Ponorogo, Jatimpost.comSambut Hari Santri 2020, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo menggelar kirab 100 ribu Doa Pagar Bumi KH Hasyim Asy’ari.

Kirab Doa pager bumi atau juga disebut Aji-aji Limo dimulai pada tanggal 13 hingga puncak peringatan hari santri pada tanggal 22 Oktober 2020. Kegiatan tersebut digelar melintasi 21 kecamatan, secara estafet mulai dari Kecamatan Pudak hingga berakhir di Kecamatan Ponorogo.

“Acara Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi KH Hasyim Asy’ari ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari santri yang diadakan oleh GP Ansor Ponorogo,” kata Ketua GP Ansor Ponorogo Syamsul Ma’arif, Sabtu (17/10/2020).

Samsul menjelaskan, pemilihan tema kegiatan Hari Santri kali ini sudah melalui diskusi yang panjang agar sesuai dengan kondisi yang ada sekaligus sejalan dengan tema yang diusung Pemerintah melalui Kementerian Agama yaitu Santri Sehat, Indonesia Kuat.

“Kita harus bersinergi. Pemerintah secara lahiriah menangani Covid-19 dengan aturannya, kita secara batiniah menangani dengan gerak spiritual. Jadi ini bukanlah soal selebrasi, melainkan olah spiritual,” ujarnya.

Sebagi bentuk melstarikan aset wisata dan budaya lokal, pataka dan pusaka leluhur Tegalsari, akan diusung selama kirab dan akan ada prosesi penyerahan di tiap kecamatan.

“Hal ini menyimbolkan bahwa kita generasi muda harus menghormati leluhur dan mengilhami perjuangan beliau waktu dulu,” tandasnya.