Sah… KPU Tetapkan Dua Paslon Maju Pilkada Banyuwangi

Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini

Banyuwangi, Jatimpost.com – Komisi Pemulihan Umum (KPU) Banyuwangi telah menetapkan dua pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Banyuwangi. Dua paslon tersebut ialah Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah dan Yusuf Widyatmoko-KH Muhammad Riza Aziziy.

“Kami menyatakan bahwa keduanya ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilbub Banyuwangi dalam Pilkada serentak tahun 2020,” kata Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini kepada wartawan, Rabu (23/9/20).

Dwi memaparkan, pasangan Ipuk-Sugirah ditetapkan oleh  KPU Banyuwangi dengan nomor 362/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020. Sedangkan pasangan Yusuf-Gus Riza ditetapkan KPU Banyuwangi dengan nomor 363/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020.

Dengan begitu, kontestasi pemilihan kepala daerah Kabupaten Banyuwangi di ikuti oleh dua pasang calon. Kedua pasangan calon tersebut berhak mengikuti tahapan-tahapan pemilihan selanjutnya.

Sebelum penetapan, kedua paslon sempat mengalami ketidaklengkapan berkas. Namun setelah melakukan perbaikan, berkas milik keduanya lolos veifikasi dan dinyatakan memenuhi persyaratan.

“Keduanya sudah kami verifikasi dan memenuhi syarat. Setelah sebelumnya dilakukan perbaikan karena ada sedikit kekurangan. Baik dari pasangan Ipuk-Sugirah maupun Yusuf-Gus Riza,” terang Dwi.

Dwi menambahkan, penetapan paslon yang masih dalam masa pandemic Covid-19 dan sesuai dengan PKPU nomor 9 tahun 2020 tentang pemilu, makan pelaksanaan penetapan paslon Pilkada Banyuwangi tanda dihadiri kedua paslon.

“Kita lakukan penetapan (paslon) non tatap muka. Namun, pengumuman bisa langsung dilihat melalui laman resmi KPU Banyuwangi,” imbuhnya. [hy]