Rumah Dinas Pengusung Khofifah Digeledah KPK, Penyidik Temukan Barang Bukti

Jombang, jatimpost.com – Tim penyidik KPK terus bergerak cepat usai melakukan Operasi Tangkap Tanggan (OTT) Ketua DPD Golkar Jawa Timur Nyono Suharli Wihandoko di salah satu pusat pembelanjaan di Jakarta, Sabtu (3/2/2018). Sabtu malam tim penyidik KPK melakukan penggeledehan rumah dinas ketua partai pengusung Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa itu di Jombang. Dalam proses penggeledahan, tim penyidikan menyita sejumlah barang bukti berupa dokumen.

Penyidik KPK yang terdiri empat orang tersebut kemudian membawa dokumen tersebut keluar rumah dinas sekitar pukul 22:25 WIB dengan menggunakan mobil avanza putih L1658ANB.

Penyidik yang menggunakan marker tersebut enggan berkomentar ketika ditanya wartawan dan bahkan tidak mau diambil gambarnya. “Enggak usah diambil gambar, biar Jakarta yang rilis,” kata salah satu petugas.

Berdasarkan informasi yang diterima, Nyono Suharli yang menjabat sebagai Bupati Jombang tersebut diduga kuat menerima suap dari salah satu pejabat dinas kesehatan. Penyidik juga mengamankan sejumlah uang ratusan juta dengan pecahan 100 dolar AS.

Uang ratusan juta tersebut diduga sebagai upeti yang diberikan pejabat dinas kesehatan kepada bupati agar posisinya tidak digeser. Uang tersebut juga diduga kuat berasal dari sejumlah proyek yang telah dipotong ditengah jalan.

Untuk kebutuhan penyidikan lebih lanjut, saat ini KPK mengamankan tujuh orang yang terlibaat kasus tersebut, termasuk Nyono Suharli, kader terbaik Golkar Jawa Timur.[tc]