Refleksi HUT RI ke-75: Kembali Merdeka dalam Berwirausaha di Tengah Pandemi

Jatimpost.com  – Anggota Fraksi PPKB DPRD Jawa Timur Masduki menggelar doa bersama dengan warga Kota Mojokerto dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75. Doa bersama dan perayaan hari kemerdekaan RI tersebut tidak terpas mengenang sejarah Panjang bagaimana bangsa Indonesia berjuang melawan penjajah dan berhasil menjadi bangsa yang merdeka.

Perjalanan Panjang tersebut kata Masduki patut menjadi bahan refleksi bersama mengingat saat ini negara sedang diuji ketahanan ekonominya akibat wabah covid-19 yang merapuhkan sendi-sendi perekonomian masyarakat. Sejak covid-19 menyerang berbagai wilayah dunia termasuk Indonesia. Perekonomian nasional, perusahaan multinasional dan UMKM  juga ikut terdampak.

“banyak karyawan yang di PHK, usaha-usaha kecil yang ketergantungan kepada aktivitas masyarakat akhirnya tutup gulung tikar,” ungkapnya.

Kondisi yang demikian tersebut kata Masduki tidak perlu diratapi terus menerus dan mengharapkan bantuan sosial ekonomi dari pemerintah. Sebab bantuan yang ada sifatnya terbatas tidak bisa menjangkau semua warga terdampak. Karena itu, kreativitas harus Kembali diasah untuk Kembali bangkit berwirausaha.

“Belajar pada pejuang kemerdekaan yang selalu bangkit dari tekanan-tekanan penjajah. Bergitu juga kita hari ini, harus Kembali merdeka dalam berwirausaha, kembali bangkit membangunan ekonomi baru,” pungkasnya.