Rawan Longsor, BPBD Pasuruan Bangun Penahan Tebing

pembangunan penahan tebing (foto: detik)

Pasuruan, Jatimpost.com – Untuk mengantipasi terjadinya bencana tanah longsor, Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Melakukan pembangunan penahan tebing di wilayah pegunungan dan perbukitan yang dianggap rawan terjadinya bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana menjelaskan, ada tiga desa di Kecamatan Tosari yang dibangun penahan tebing longsor tersebut yaitu Wonokitri, Ngadiwono dan Baledono. Sebab lokasi tersebut sudah sering terjadi longsong, sehingga harus didahulukan.

“Penahan tebing dan bukit dilakukan di tiga desa di Kecamatan Tosari. Lokasi ini beberapa kali longsor dan ada di pemukiman penduduk sehingga kita dahulukan,” ujarnya dilansir dari detik, Bangil, Jumat (24/11/2017).

Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan BPBD terus mengusahakan agar pembangunan plengsengan penahan tebing dilakukan wilayah lain.  Serta pada musim penghujan tahun ini, pihaknya telah mempersiapkan personil dan peralatan tanggap darurat untuk antisipasi bencana yang bisa datang seaktu – waktu.