Positif Covid-19, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban Meninggal Dunia

Foto Istimewa

Tuban, Jatimpost.comKepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji meninggal dunia setelah terpapar Covid-19.

Murtadji meninggal saat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Nahdatul Ulama (RSNU) Tuban, Rabu (23/12) pagi.

“Iya mas, (Pak Murtadji meninggal karena covid-19),” kata Jubir Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati, Rabu, (23/12/2020).

Menurutnya, mantan Camat Bancar itu awalnya isolasi mandiri di rumah. Namun kondisinya menurun, kemudian dibawa ke RSUD dr Koesma Tuban, dan dipindah ke RSNU pada Minggu (20/12).

Ketika disinggung yang bersangkutan terpapar dari mana, Endah yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban itu menyampaikan hingga saat ini masih belum diketahui secara detail. Kendati begitu Tim Satgas saat ini masih  terus melakukan tracing.

“Kami tidak bisa mendeteksi dari mana beliaunya tertular, karena Tuban saat ini masih zona merah. Bisa saja almarhum tertular virus corona saat di jalan. Untuk penyakit penyerta datanya masih belum kami terima,” ujarnya.

Sementara Direktur RSUD dr Koesma Tuban, Saiful Hadi menyatakan, selain terpapar Covid-19, pasien juga mempunyai riwayat sakit bawaan. Menurutnya karena membutuhkan ventilator, akhirnya Murtadji dipindahkan ke RSNU.

“Masuk ke RSUD dulu, karena butuh ventilator yang kebetulan tidak tersedia, akhirnya dipindah ke RSNU,” tandas Saiful.

Almarhum, lanjut Endah, juga sudah dibawa pulang ke rumah duka untuk kemudian dikebumikan dengan protokol COVID-19.

Hingga 23 Desember 2020, tercatat sudah ada 1.438 warga Tuban yang terpapar virus corona. Rinciannya, 884 orang sembuh, 410 masih menjalani perawatan, dan 114 orang meninggal dunia.