Polresta Malang Bekuk Tiga Mahasiswa Kelompok Anarko Pelaku Vandalisme

Foto Istimewa

Malang – Kepala Kepolisian Resort Kota Malang Komisaris Besar Leonardus Simarmata mengatakan menangkap tiga orang diduga pelaku aksi vandalisme bernada makar di beberapa titik di Malang Raya. Mereka diduga merupakan kelompok Anarko sering melakukan aksi provokasi dengan cara vandalisme.

Leo menjelaskan ketiganya merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di satu perguruan tinggi negeri Kota Malang. Dengan rincian mereka berasal dari tiga daerah berbeda yaitu Sidoarjo, Singosari dan Lawang, Kabupaten Malang.

“Motifnya karena merasa dirugikan oleh sistem kapitalis. Beraksi kisaran waktu pukul 00.00 hingga 04.00 WIB. Pakai pilox hitam dan mencari lokasi yang sepi dan pas. Keterkaitan dengan kelompok anarko masih kita telusuri,” ujar Leonardus, Rabu, (22/4/2020).

Leonardus menyebut, ketiga tersangka ini diketahui melakukan vandalisme di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Jalan LA Sucipto, Pertigaan Jalan Tenaga, Jalan Ahmad Yani Utara, Jalan Jaksa Agung Suprapto, dan Underpass Pintu Tol Karanglo.

Mereka diancam pasal 160 KUHP, berbunyi, barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun.

“Ada barang bukti berupa sketsa tulisan dari karton dengan tulisan Tegalrejo Melawan. Kita masih jalan, kita belum bisa komentar,” tandasnya.