Politisi PKB Apresiasi Pemprov Jatim Raih Opini WTP dari BPK

Jatimpost.com – Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Syamsul Arifin mengapresisi kerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan DPRD Jawa Timur yang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) anggaran 2019. Opini tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna DPRD Jawa Timur, Kamis (18/6/2020).

“Pertama apresiasi terhadap kinerja gubernur, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur yang telah tetap mempertahan WTP ke sembilan kalinya di Jawa Timur,” ungkap pria yang biasa disapa Mas Sam usai mengikuti rapat rapat paripurna.

Meski demikian, anggota Komisi D tersebut mengingatkan Pemprov Jatim masih memiliki PR terkait catatan-catatan yang diberikan oleh BPK, utamanya soal pembangunan pelabuhan Probolinggo. Temuan BPK tersebut menurutnya menjadi bahan evaluasi penting yang harus segera dibahas bersama antara komisi D dan dinas perhubungan.

“Dalam waktu dekat ada rapat komisi dan saya akan mengusulkan di rapat komisi. Jangan sampai temuan-temuan di mitra kami menjadi batu sandungan bagi berjalannya program pembangunan di Jawa Timur,” imbuhnya.

Politisi dari dapil Surabaya tersebut juga memberikan catatan terkait pelaksanaan penggunaan anggaran covid-19 yang bersumber dari APBD Jawa Timur 2020 sebesar 3,84 T. Ia berharap realisasi anggaran mampu mengcover kebutuhan masyarakat terdampak covid-19 di berbagai daerah di Jawa Timur. Sebab anggota DPRD Jawa Timur juga mempunyai beban memastikan bahwa anggaran yang bersumber dari APBD tersebut menyentuh masyarakat.

“Saya dan teman-teman dewan yang lain mempunyai beban untuk memonitoring penggunaan anggaran itu, masyakaat dan publik juga harus tahu penggunaan anggaran tersebut. Berapa jumlah anggaran dan penggunaan itu harus transparan. Sehingga tidak terjadi isu-isu yang buruk bagi pemprov,” ujarnya.