Permudah Akses Pembelajaran di Masa Pandemi, Pemkab Lumajang Luncurkan Program “Sinau Bareng”

Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mengunjungi salah satu sekolah yang melaksanakan program "Sinau Bareng"

Lumajang, Jatimpost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang meluncurkan program “Sinau Bareng” dalama rangka untuk mempermudah akses pembelajaran bagi siswa selama masa Pandemi Covid-19.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan, program ini dilakukan atas inisiatfi para orang tua yang menyampaikan saran kepada pihaknya agar para putra-putrinya bisa kembali sekolah.

“Hari ini, dimulai program Sinau Bareng. Program ini dilaksanakan atas banyak saran supaya anak-anak kembali sekolah, baik yang disampaikan langsung ke saya maupun ke Bundah Indah Masdar”, kata Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq itu lewat instagram pribadinnya, Kamis, (12/11/20).

Dalam program ini, lanjut Cak Thoriq menjelaskan, dalam program ini aktifitas pembelajaran hanya dihadiri 25 persen siswa dari jumlah siswa per-kelas dengan pola bergantian jam setiap harinya.

“Tidak ada jam istirahat, yang masuk pagi setelah jam pelajaran habis langsung pulang. Dan digangikan murid yang masuk siang karena modelnya ini sinau di sekolah. Karena ini modelnya sinau di sekolah jadi para murid yang ke sekolah tidak pakai seragam,” kata Cak Thoriq.

Kendati melakukan pembelajaran tatap muka, Cak Thoriq menegaskan pihak sekolah harus tetap melakukan protokol kesehatan, seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan physical distancing.

“Keberlangsungan progran Sinau Bareng ini mengikuti zonasi yang dikeluarkan oleh dinas Kesehatan. Jadi, sewaktu-waktu akan dievaluasi, misalnya ada klaster di desa atau tempat yang terindifikasi positif corona, maka program Sinau Bareng di sekolah yang ada di desa tersebut akan dihentikan sementara,” pungkas Cak Thoriq. [*]