Pendaftar PPK dan PPS di Surabaya Sepi Peminat, Kenapa?

SURABAYA, jatimpost.com – Selain membuka pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019, KPU Kota Surabaya juga membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilgub Jatim 2018. Sayang, pendaftaran PPK dan PPS masih sepi peminat.

Terlihat dari jumlah pendaftar PPK dan PPS yang masih jauh dari jumlah petugas yang dibutuhkan KPU Kota Surabaya. Hal itu diakui oleh Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Keuangan Umum dan Logistik Miftahul Gufron.

“Masih minim pendaftar sejak kami buka,” kata Gufron, Senin (16/10/2017). Gufron mengaku untuk menarik minat, pihaknya menggandeng pemkot tingkat kelurahan dan kecamatan. Selain itu memasang spanduk dan poster di seluruh kantor kelurahan dan kecamatan di Surabaya.

“Kami lakukan sosialisasi dengan mengundang lurah, camat, bagian pemerintahan dan disepndukcapil untuk membantu kami, agar warga mendaftar sebagai penyelenggara sebagai PPK dan PPS Pilgub Jatim 2018,” ungkapnya.

Ia menyebut sejak pembukaan pendataran 12-21 Oktober 2017, pihaknya baru menerima 23 pendaftar PPK dan 12 orang yang mendaftar PPS. “Jumlah pendaftar itu tercatat hingga Minggu (15/10) pukul 00.00 Wib. Untuk hari ini masih belum kita rekap. Harapannya lebih banyak dan sesuai dengan kebutuhan,” tambah Gufron.

Padahal untuk PPK, KPU Kota Surabaya membutuhkan 5 orang di 31 kecamatan dan masing-masing 3 orang PPS, untuk 154 jumlah kelurahan di Surabaya.

“Harapan kami makin banyak pendaftar akan memudahkan untuk proses seleksi terutama yang berintegritas,” pungkasnya.