Pemkot Probolinggo Lebih Selektif Keluarkan Kredit Lunak Bagi Pelaku Usaha Mikro

foto istimewa

Probolinggo – Guna merangsang pertumbuhan ekonomi, Pemkot Probolinggo, Jawa Timur kembali mengeluarkan kredit lunak bagi para pelaku usaha mikro. Namun kali ini, pemkot lebih selektif, agar kredit lunak yang diberikan, benar-benar efektif dan mampu mendorong pengusaha kecil mengembangkan usahanya, Selasa (29/10/2019).

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyebut, pihaknya menggelontorkan dana sebesar Rp 5 miliar dalam bentuk pinjaman dana bergulir. Dana tersebut, ditempatkan di dua bank yang sudah ditunjuk, yakni Bank Jatim dan BPR Jatim Cabang Probolinggo.

Kepada para penerima, Wali Kota Hadi berpesan, jika pemerintah sudah menerapkan program yang bertujuan baik untuk masyarakat. Pihaknya tidak ingin, kebijakan itu justru menjadi catatan, temuan dan menjadi persoalan di kemudian hari.

“Jangan sampai program yang sudah bagus, tidak bisa lanjut karena dari penerima tidak bisa menyambut program dari pemerintah. Kami berniat membantu, mendorong pelaku usaha. Jadi kalau pinjam sesuaikan jenis usahanya. Jangan cuma pinjam tapi yang dipikirkan bagaimana bisa maju dan berkembang usahanya”, pungkasnya.

Pada pemberian kredit lunak kali ini, ada sekitar 100 pelaku usaha mikro yang menerima. Kredit bunga yang dikenakan sebesar 6 persen per tahun dan harus disertai agunan sebagai persyaratan. Nilai pinjaman maksimal senilai Rp 50 juta untuk per pelaku usaha.

Disamping program perkuatan permodalan melalui program dana bergulir, Pemkot Probolinggo juga membantu pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usahanya. Melalui program tepat guna, seperti memfasilitasi ketrampilan usaha bagi pelaku usaha mikro dan kecil. Serta promosi produk usaha melalui berbagai kegiatan termasuk pameran di dalam dan luar kota.

“Pelaku usaha mikro yang bergerak di bidang makanan dan minuman, agar selalu memerhatikan dan melaksanakan ketentuan/persyaratan yang sudah diwajibkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait kehigienisan produk”, tandasnya.