Pemkab Lumajang Terus Kembangkan Potensi Wisata Sesuai dengan Kearifan Lokal

Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mengunjungi wisata Gunung Bujel yang ada di Desa Kebonan, Kecamatan Klakah.

Lumajang, Jatimpost.com – Pemerintahan Kabupaten Lumajang terus menggali dan mengembangkan potensi wisata sesuai dengan kearifan lokal yang ada. Kali ini, salah satu daerah yang menjadi objek pengembangan yaitu wisata Gunung Bujel yang ada di Desa Kebonan, Kecamatan Klakah.

Gunung Bujel mewarkan keindahan pemandangan kota Lumajang dan gagahnya Gunung Semeru. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dengan jarak tempuh yang tidak begitu jauh dan mudah di jangkau.

“Ini baru saja, saya bersama perangkat daerah terkait mengunjungi Gunung Bujel di Desa Kebonan Kecamatan Klakah. Jadi, dari tempat ini pengunjung bisa melihat view perkotaan Lumajang, Gunung Semeru. Ayo datang kesini, nikmati keindahan alam di Gunung Bujel,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat meninjau sejumlah potensi wisata di wilayah Kecamatan Klakah, Minggu (21/6/20).

Cak Thoriq mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk menggali potensi wisata di daerah-daerah yang ada di wilayah yang dimpimpinnya tersebut. Dengan dikembangkannya destinasi wisata yang ada kedepannya bisa menarik wisatawan dari dalam maupun dari luar daerah.

“Kami meninjau lokasi wisata ini dengan mengendarai motor, karena dengan begitu bisa berkeliling hingga ke daerah yang berada di pelosok sekalipun. Adapun titik destinasi wisata yang dikunjugi, adalah Gunung Bujel Desa Kebonan, Ranu Lading Desa Sumber Wringin, Ranu Klakah Desa Klakah,” katanya.

Bupati Lumajang juga berharap, pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Lumajang tidak mengesampaingkan kearifan lokal. Desa wisata yang ada di Lumajang diharapkan bisa menonjolkan potensi daerahnya sesuai dengan kearifan lokal setiap daerah masing-masing. [hy]