Pemkab Lumajang Anggarkan Rp 13 Miliar Hadapi Pandemi Covid-19

Bupati Lumajang Thoriqul Haq

Lumajang, jatimpost.com – Menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 Pemerintahan Lumajang (Pemkab) menganggarkan dana sekitar Rp 13 Miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, alokasi dana tersebut akan dipergunakan untuk penambahan fasilitas yang diperlukan dalam penanganan Covid-19.

Terutama pemenuhan peralatan medis di rumah sakit, APD petugas medis, obat-obatan, serta penyiapan kamar steril, dan konsumsi pangan untuk gizi tenaga medis.

“Anggaran sekitar Rp13 Miliar itu rencananya akan kami arahkan untuk penambahan fasilitas yang diperlukan dalam menghadapi pandemik Covid-19 seperti, peralatan medis yang ada di rumah sakit, pengadaan alat pelindung diri (APD), cairan disinfektan, serta beberapa penambahan fasilitas lainnya,” ungkap Thoriqul Haq di halaman Kantor Bupati Lumajang, Kamis (26/3/20).

Selain itu, Cak Thoriq sapaan akrabnya, juga telah menyediakan fasilitas cuci tangan di sejumlah tempat fasilitas umum dan ruang publik. Semisal di alun-alun dan tempat lainnya.

“Ini anggarannya juga kita realisasikan untuk penyediaan fasilitas cuci tangan di berbagai tempat umum, agar masyarakat mudah mendapatkan akses dalam mencuci tangan,” terangnya.[hy]