Pemerintah Akan Hidupkan Kembali Lahan Garam Seluas 3.700 Hektare

JAKARTA, jatimpost.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengungkapkan, pemerintah berencana menghidupkan kembali lahan pertanian garam seluas 3.700 hektare di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami ingin mereka selesaikan secara B to B karena ada HGU (Hak Guna Usaha) milik perusahaan tapi sudah lama telantar nggak digunakan apa-apa,” ujar Sofyan Djalil di Jakarta, Senin 14 Agustus 2017.

Diketahui, lahan seluas 3.700 hektare tersebut adalah milik perusahaan PT Panggung Guna Ganda Semesta (PGGS). Lokasinya berada di Teluk Kupang, NTT. “Kami berikan peringatan, kalau tidak digunakan dalam 90 hari akan dibatalkan,” tukasnya, seperti dilansir beritasatu.com.

Sofyan menyarankan agar perusahaan PGGS melakukan kerjasama dengan pihak lain sehingga lahan yang tidak terpakai tersebut bisa digunakan untuk memproduksi garam lagi.

“Dengan siapa saja, terutama dengan PT Garam, karena PT Garam sudah punya ladang dan punya pengalaman. Dan yang penting bagaimana tanah itu bermanfaat dan kita memproduksi garam,” tukasnya.