Panglima Ziarah Ke Makam Bung Karno Dalam Rangka Sambut HUT TNI ke-74

Blitar – Untuk menyambut HUT TNI yang ke 74, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi makam Bung Karno sebagai agenda dari ziarah nasional.

Dari pantauan jatimpostcom, panglima TNI bersama rombongan tampak memasuki area MBK sekitar pukul 11.35 WIB. Hadir juga dalam ziarah tersebut Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Upacara penghormatan secara militer dipimpin Panglima TNI di depan cungkup MBK. Setelah itu dipasang karangan bunga. Dan dilanjutkan dengan berdoa dan menabur bunga di atas pusara Bung Karno.  

“Ziarah nasional ini merupakan tradisi tentara nasional Indonesia untuk menyambut hari ulang tahunnya ke-74 pada 5 Oktober mendatang. Jadi kami ziarah ke makam Proklamator Soekarno,” kata Hadi kepada wartawan usai tabur bunga di MBK, Rabu (18/9/2019).

Menurut Hadi, ziarah ke makam pendiri bangsa tersebut merupakan acara rutinan yang selalu dilaksanakan sebagai wujud penghargaan terhadap para pejuang bangsa.

“Saya berharap, dengan ziarah nasional ini, TNI dapat mengimplementasikan pesan perjuangan para pahlawan. Sekaligus melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk mengisi pembangunan di Indoensia,” tambahnya.

Untuk itu, Hadi menyampaikan tradisi ziarah ke beberapa makam pendiri bangsa dan para pahlawan seperti ini harus dilestarikan.

“Bukan hanya TNI tetapi seluruh anak bangsa bahwa generasi muda khususnya generasi milenial agar mengerti betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia,” pungkasnya

Setelah dari MBK, rombongan beranjak meninggalkan areal sekitar pukul 12.15 WIB. Rombongan menuju ke Pendopo Ronggo Hadinegoro untuk menikmati jamuan makan siang bersama Pemda Blitar.

Rencananya, setelah dari Blitar rombongan akan bertolak ke makam Gus Dur di Jombang. Kemudian besok pagi, rombongan akan bergeser ke Jawa Tengah. Ada dua lokasi yang dituju yakni ziarah ke makam mantan Presiden Soeharto dan makam Jenderal Sudirman.