Menunggu Gebrakan BUMD dalam Mendongkrak PAD Jatim

Jatimpost.com – Komisi C DPRD Jawa Timur menunggu gebrakan baru Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Jawa Timur dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Gebrakan baru tersebut terkait dengan inovasi pengelolaan BUMD sehingga bisa menjelma menjadi perusahaan yang bisa bersaing dengan perusahaan swasta lainnya dan berdampak terhadap besaran kontribusi PAD Jatim

Menurut anggota Komisi C DPRD Jatim H.Ahmad Hilmy ,S ,Ag mengatakan BUMD adalah perusahaan pemerintah yang pengelolaannya harus menggunakan sistem modern dengan harapan bisa membantu mendongkrak PAD.

“ Perlu ada inovasi system manajemen dengan Punishment dan reward dengan mengedepankan profesionalisme yang jelas,” kata Gus Hilmy

Politisi asal Pasuruan itu mengatakan Pemprov Jatim harus melakukan perbaikan manajemen dan gebrakan jika manajemen yang ada tak mampu menghasilkan atau tak memenuhi target pendapatan yang diinginkan oleh Pemprov Jatim sebagai pemilik BUMD tersebut.

“Direktur BUMD harus kreatif dan berfikir cerdas supaya BUMD yang dipimpinnya bisa membantu PAD Jatim Kalau tak bisa maka harus ada perbaikan manajemen. Hal ini perlu dilakukan oleh Pemprov Jatim agar BUMD yang dikelolanya selalu leading dalam mendapatkan pendapatan,” jelas Politisi asal PKB.

Dalam upaya rekrutmen di posisi jajaran direksi, Pemprov Jatim harusnya melakukan open bidding sehingga jajaran direksi memiliki personal yang baik.

“Selama ini pihaknya melihat hal ini belum pernah dilakukan Pemprov Jatim. Pihaknya berharap ini segera diperbaiki agar BUMD yang dikelolanya bisa menghasilkan pendapatan bagi APBD Jatim. Paling utama BUMD Jatim harus punya terobosan Dongkrak PAD Jatim di tengah pandemi,” pungkasnya.