Lanjut atau Tidak, PSBB Surabaya Raya Menunggu Keputusan Khofifah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Surabaya, Jatimpost.com – Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Surabaya Raya yang melingkupi Surabaya, Sidoarjo dan Gersik dilanjutkan atau tidak masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam rapat evaluasi PSBB III yang digelar di Gedung Grahadi Surabaya, Minggu (7/6/20) hingga Senin (8/6/20) ketiga kepala daerah wilayah Surabaya Raya sepakat menyampaikan kepada Gubernur Jatim untuk tidak memperpanjang masa berlakunya PSBB di daerah masing-masing.

Hadir dalam rapat tersebut, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin dan Bupati Gresik Sambari Halim. Sementara, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya Irvan Widyanto.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono yang juga Ketua Gugus penanganan Covid-19 Jawa Timur mengaku sudah menghimpun masukan yang disampaik oleh setiap kepala daerah. Pihaknya saat ini masing menunggu keputusan final dari Gubernur Jawa Timur.

“Nanti yang akan memutuskan Gubernur Jatim, rapat semalam hanya menghimpun masukan dan evaluasi,” kata Heru, saat dikonfirmasi, Senin (8/6/20).

Pihaknya juga mengaku telah meminta masing-masing daerah untuk menyiapkan dasar hukum jika kemungkinan akan diterapkan masa transisi menuju new normal di Surabaya Raya.

Masa pemberlakuan PSBB tahap III di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo dan Gresik) sendiri berakhir pada hari ini, Senin (8/6/20). [aw]