Kurang Sosialisasi, PSBB Surabaya Berjalan Amburadul

Foto Istimewa

Surabaya – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Surabaya, Gresik dan Sidoarjo sudah mulai diberlakukan hari ini. Namun kenyataannya, PSBB tersebut berjalan kurang maksimal lantaran masih banyak masyarakat yang belum paham apa itu PSBB.

Hal ini dilihat dari banyaknya kendaraan yang tetap masuk ke Surabaya. Bahkan terjadi kemacetan yang cukup panjang di akses masuk Surabaya tepatnya Bundaran Waru depan Mall CITO.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menjelaskan saat disinggung terkait terjadinya kemacetan yang panjang di bundaran Waru saat PSBB dimulai, pihaknya menyatakan sesuai hasil evaluasi masyarakat masih banyak yang belum tahu soal PSBB.

“Tadi kami sudah mengecek ke beberapa titik, titik di Suramadu, zona merah di daerah TPI, dan waru. Baru tiga titik yang kami lihat, memang masih banyak kami temukan masyarakat yang belum paham,” terang Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Selasa (28/4/2020)

Hal ini terbukti, lanjut Luki, masyarakat setelah ditanya masih banyak yang belum tahu. Sehingga tiga hari ke depan pihaknya akan insentifkan dalam memberikan imbauan dan teguran.

“Ini tugas kami akan memberikan sosialisasi secara terus-menerus dan mengajak masyarakat untuk sama-sama peduli dan ikut memberantas pandemi corona,” jelas Luki.