KPU Jatim Sebut Satu Orang Bakal Calon Pilkada 2020 Positif Covid-19

Foto Istimewa

Surabaya, Jatimpost Anggota KPU Jatim di Divisi Teknis Penyelanggaraan, Insan Qoriawan, membenarkan bahwa ada satu bakal calon Pilkada 2020 di Jawa Timur diketahui positif Covid-19.

“Informasinya begitu sih, tapi saya belum cek lagi kepastiannya. Tapi kabarnya laporannya begitu. Satu orang, sepanjang laporan ini ada satu orang. Tapi akan saya cek lagi,” kata Insan saat dihubungi di Surabaya, Senin (7/9/2020).

Disinggung terkait calon kepala daerah di kabupatan atau kota mana, Insan menyebut akan dicek kembali. Yang jelas, dia membenarkan ada satu orang yang dilaporkan terpapar virus Corona.

“Daerah mana ya? coba nanti saya tanyakan lagi, saya pastikan. Karena ini masih rapat,” imbuhnya.

KPU pusat menyampaikan, dari data yang diterima terdapat 37 orang bakal calon peserta Pilkada 2020 yang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan swab test sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Terpaparnya puluhan bakal calon kepala daerah itu disampaikan Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers yang disiarkan Facebook KPU RI, Senin dini hari. Data itu disampaikan usai pendaftaran bakal calon kepala daerah ditutup.

“Bakal calon yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan tes swab sebanyak 37 calon, jadi 37 orang,” tandas Arief.