Kini, Belasan Produk UMKM di Ponorogo Masuk Pasar Modern

Foto Istimewa

Ponorogo, Jatimpost.comProduk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Ponorogo kini mampu masuk ke jaringan pasar modern, terdapat 12  produk yang mulai dipasarkan di indomaret. Berhasilnya masuk produk tersebut tidak lepas dari kerjasama toko modern tersebut dengan Pemkab Ponorogo, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdakum).

“Alhamdulillah, ditandai hari ini ada 12 produk UMKM kita masuk Indomaret, awal yang bagus unguk kemajuan UMKM di Ponorogo,” kata Plt. Bupati Ponorogo Soedjarno usai melakukan launching produk di gerai toko modern di jalan Jend. Gatot Subroto Kelurahan Brotonegaran, Jumat (23/10/2020).

Soedjarno menyebut 12 produk tersebut terdiri dari aneka makanan dan minuman. Ke depan diharapkan bisa merambat ke produk yang lainnya. Dia mengungkapkan masih banyak produk UMKM di Ponorogo yang kualitas dan packingnya bagus. Namun, harus bisa bersabar untuk bisa masuk ke toko modern. Mulai perizinan usahanya sampai pada sertifikasi halal produk tersebut.

“Adanya kerjasama yang terjalin ini, saya berharap semua saling memperhatikan, saling mendukung. Toko modernnya semakin maju begitu juga pelaku UMKM-nya,” katanya.

Selain itu, pemasaran juga dilakuakan via online. Sehingga jaringan Nasional terus berkembang. Apalagi UMKM penyambaung Pertumbuhan Ekonomi Nasional (PEN).

“Alhamdulillah sudah dipasarkan insya Allah omzetnya selalu naik, setiap minggu mengisi di gerai pasar modern,” pungkasnya.

Sementara Manager Developer Wilayah Jatim Arfan Affandi menambahkan kerjasama dengan UMKM ini diharapkan bisa membantu perekonomian daerah.

“Kita bisa saling menguntungkan bisa mensupport satu sama lain untuk bisa berkembang, maju bersama di masa pandemi ini. Pembagian keuntungan full ke UMKM, begitu ada penjualan langsung untuk IKM. Indomaret hanya membantu pemasaran,” tandas Arfan.