Kepsek MA dari Sampang Juarai Karya Ilmiah Kemenag Jatim

SAMPANG, jatimpost.com – Kendati tinggal dan membidani sekolah di kawasan pelosok Kabupaten Sampang Jawa Timur, tak membuat Kepala Sekolah MA Miftahul Ulum Kebun Wangi Najibuddin berkecil hati. Dengan segenap semangat dan usahanya, Najibuddin akhirnya terpilih sebagai Juara 1 Karya Ilmiah Terbaik se Jawa Timur.

Pria bertitel Magister Pendidikan ini berhasil meraih tropi dengan tulisan ilmiah berbasis riset bertema “Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Miftahul Ulum Kebun Wangi Sampang”. Nadjibuddin berhasil menyingkirkan 40 nominator lain dari latar belakang guru dan kepala sekolah MA dan MAN se Sampang.

Nadjibudin mengaku bersyukur dirinya mampu meraih juara pertama walaupun rata-rata pesaingnya banyak terdiri dari akademisi berlatar doktor.

“Dari awalnya 40 peserta di Sampang, di provinsi (Jatim) terseleksi 9 kepala MA/MAN yang mayoritas maju banyak bergelar Doktor. Tapi itu tak membuat saya ciut. Malah saya merasa tertantang mengangkat nama baik lembaga kami dan Sampang yang tidak pernah juara pada lomba yang diidam-idamkan oleh kaum akademisi ini. Sudah tertanam dibenak saya yaitu saya punya goal, punya alasan yang kuat dan tahu ilmunya. Setelah melalui presentasi, wawancara dan pemeriksaan karya ilmiah, akhirnya saya bisa menjadi juara 1 terbaik se Jawa Timur,” ujar Nadjibudin, Jumat (18/8/2017).

Nadjibudin merupakan Kepala Sekolah MA Miftahul Ulum. Sebuah madrasah setingkat Sekolah Menengah Atas yang berada di kompleks Pondok Pesatren asuhan KH Siradj Achmad di daerah terpencil, Kebun Wangi, Karang Penang, Sampang, Madura.

Nadjibudin berharap prestasi yang dicapainya mampu menjadi penyemangat bagi akademisi muda di daerahnya. Ia menekankan agar lomba Karya Tulisan Ilmiah menjadi program rutin Kemenag.

Tujuannya, kata dia, demi memacu peningkatan kualitas tenaga pengajar di Jawa Timur.

“Diharapkan juga, Pemerintah dari pusat sampai daerah memberikan perhatian kepada lembaga pendidikan ini (MA Miftahul Ulum. Jangan lupa ada itu-nya (bantuan) juga ya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Departemen Agama Jawa Timur menggelar lomba Karya Tulis Ilmiah (KIT) bagi guru dan Kepala Sekolah (Kepsek) berbagai tingkatan sekolah dan madrasah. Program tersebut berlangsung padaq tanggal 15-16 Agustus bertempat di hotel Paris jalan Juanda, Surabaya, Jawa Timur.