Kemendes PDTT Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2020

Surabaya, Jatimpost.com Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendapatkan penghargaan “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020”. Acara pemberian penghargaan ini dilaksanakan secara virtual melalui chanel Youtube resmi pada Rabu (25/11/20).

Pencapain penghargaan pada tahun ini menjadi istimewa karena peringkat Kemendes PDTT dalam penganugerahan keterbukaan informasi meleset dari peringkat empat dari peringkat ke sebelas pada tahun sebulumnya. Kemendes meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 kategori Kementerian Negara dengan nilai 93,83.

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar menyampaikan rasa bersyukur atas apa yang telah diraih Kemendes PDTT dengan menjadi Kementerian yang informative yang ditetapkan oleh Komisi Informasi Pusat.

“Luar Biasa, Tahun ini meningkat ke peringkat empat dari peringkat 11 tahun kemarin. Kita targetkan tahun depan bisa peringkat kesatu,” kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Menteri yang akrab disapa Gus Menteri ini menjelaskan, makna dari diraihnya penghargaan ini adalah, agar Kemendes PDTT lebih transparan lagi terhadap berbagai hal, apalagi untuk pembangunan desa yang pada hakekatnya harus dikawal oleh seluruh warga masyarakat dimanapun berada.

“Itulah makanya pada 2020 ini, kita mengarahkan target pembangunan desa dalam bentuk SDGs Desa, dimana ada 18 tujuan pembangunan yang menjadi goals masing-masing desa. Bukan hanya konsep arah pembangunan desa, juga termasuk cara mengukurnya,” kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

SGDs Desa nantinya jadi pijakan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui lebih jauh soal desa. Misalnya, arah pembangunan desa tanpa kemiskinan dan tanpa kelaparan. Apakah desa sudah menggunakan dana desa untuk wujudkan pendidikan berkualitas.

“Apakah desa sudah melakukan ikhtiar untuk pertumbuhan ekonomi di desa,” tandas Gus Menteri.

Ini penghargaan kedua yang diperoleh Kemendes PDTT dalam rentang Bulan November 2020, setelah sebelumnya menerima penghargaan Mitra Bakti Husada 2020 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). [*]