Kejari Surabaya Serahkan Rp 1 M Uang Kasus Tindak Pidana Korupsi ke Tiga Institusi

68

Surabaya, Jatimpost.com – Kejaksaan Negeri Surabaya menyerahkan uang senilai Rp. 1 Miliar dari tiga kasus tindak pidana korupsi untuk dimasukkan ke dalam kas negara. Uang tersebut di serahkan kepada tiga institusi yakni, BPR Jatim, Pemkot Surabaya, dan Bawaslu Jatim.

“Penyerahan barang bukti uang dari kasus yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya M Teguh Darmawan dalam sambutannya, Kamis (15/2/2018).

Teguh menjelaskan, tindak pidana korupsi tidak hanya dilakukan tindakan pencegahan atau sebuah hukuman, melainkan juga harus ada pengembalian uang hasil tindak korupsi kepada Negara.

“Ini adalah komitmen kejaksaan dalam hal pemberantasan tipikor. Selain pencegahan ada juga yang lebih penting yakni keuangan negara yang sangat penting,” imbuhnya.

Masing masing jumlah uang yang diserahkan Kejari Surabaya ke 3 instansi yakni Rp 370 juta lebih dari hasil korupsi dana hibah ke Pemkot Surabaya, Rp 550 juta lebih dari hasil korupsi di Bawaslu Jatim, dan Rp 149 juta lebih hasil korupsi di BPR Jatim.

Uang yang diserahkan oleh ke Pemkot Surabaya di terima langsung oleh wali kota Surabaya Tri Rismaharini.  Atas nama Pemkot dan warga Surabaya mengucapkan terima kasih kepada Kejari Surabaya dengan adanya penyerahan barang bukti uang untuk dimasukkan dalam kas negara.

“Atas nama pemkot dan warga Surabaya saya ucapkan terima kasih,” kata Risma.

Risma juga mengucapkan kasih kepada kejari Surabaya yang telah sangat membantu permasalahan hukum pemkot surabaya, salah satunya adalah sengketa aset.

“Terima kasih seluruh jajaran kejari yang sudah membantu kami dalam menjalankan roda pemerintahan. Banyak permasalahan di Kota Surabaya yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Terutama penyelamatan aset dan membantu tindakan kami untuk melakukan tindak pidana. Dengan dibantu ini, kami bisa menerima WTP karena pengelolaan kami dinilai baik dan kami juga didampingi,” ungkap Risma.

Di kesempatan ini, Risma juga menyerahkan piagam penghargaan pada Kejari Surabaya yang selama ini telah membantu Pemkot Surabaya.