Jelang Tahun Ajaran Baru, SMP Negeri 2 Rejotangan Dapat 3 Siswa

SMPN 2 Rejotangan Tulungagung sepi pendaftar peserta didik.

Tulungagung, Jatimpost – Tahun ajaran baru 2020/2021 sebentar lagi akan dimulai. Mirisnya SMPN 2 Rejotangan Tulungagung sampai sekarang hanya 3 siswa yang mendaftar disekolah tersebut.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 2 Rejotangan Sukatrin, jumlah siswa tahun ini jauh dibawah batas maksimal yang ditetapkan dinas pendidikan setempat. Menurunnya jumalah peserta didik telah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

“Tahun ini jumlahnya sangat jauhh dari pagu. Sementara pagu kami 128 kursi yang nantinya akan dibagi 4 kelas. Pendaftaran akan kami buka sampai penutupan dapodik,” kata Sukatrin, Rabu (1/7/2020).

Sukatrin menambakan, sepinya pendaftar calon peserta didik disebabkan, letak sekolah jauh dari pemukiman penduduk dan diapit sekolah lain yang tak kalah bagus. Sehingga daya saing sekolah semakin ketat.

“Ada beberapa sekolah negeri dan swasta disekitar sini. Disisi lain sekolah kami kurang menguntungkan posisinya karena jauh dari pemukiman penduduk,” tambahnya.

Sukatrin mengaku pihaknya sudah menjalankan berbagai upaya untuk menjaring peserta didik baru, berkeliling ke sekolah dasar (SD) sampai melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat. Namun uapaya tersebut belum membuahkan hasil yang maksimal.

“Sudah kami lakukan sesuai juknis dinas pendidikan mengenai perekrutan peserta didik. Namun sekolah swasta kan bebas, dari segi waktu penerimaan sampai fasilitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Sukatrin optimis kegiatan belajar mengajar akan berjalan sebagaimana mestinya, walaupun jumlah siswa yang sedikit akan mempengaruhi pasokan anggaran dari pemerintah.