Jatim kerahkan 4.312 Personel Gabungan Untuk Kawal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya

Foto Istimewa

Surabaya – Tim gabungan antara Polda Jawa Timur (Jatim), Kodam V/Brawijaya, dan Satpol PP Jatim menyiagakan 4.312 personel gabungan untuk pengawalan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya. PSBB tersebut akan berlaku mulai besok Selasa (28/4).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan merinci dari jumlah tersebut  terbanyak justru dari anggota Satpol PP. Sebanyak 2.147 personel Satpol PP dilibatkan. Sementara dari Polri sejumlah 1.065 personel dan TNI 1.100 personel. “Totalnya 4.312 dan ini cukup banyak,” ujarnya saat di temui di Mapolda Jatim ,Senin (27/4).

Selain itu, Irjen Pol Luki Hermawan menambahkan, dalam PSBB para aparat yang disiagakan tidak serta merta menangkap maupun menghalau kerumunan. Namun ada dua operasi yang dijalankan, yaitu operasi skala besar dan operasi penyuluhan.”Nanti patroli penyuluhan dan patroli berskala besar. Jadi ini ada 2 operasi terkait PSBB,” katanya.

Lebih jelas, pada PSBB nanti aparat yang bertugas juga memberlakukan jam malam. Apabila merujuk pada Peraturan Bupati (Perbup) Gresik Pasal 25, jam malam mulai berlaku pada 21.00-04.00 WIB. Selama PSBB masyarakat dilarang berakvifitas luar rumah. Pengecualian berlaku bagi tenaga medis, petugas keamanan, aktivitas darurat dan beberapa lainnya.

“untuk pasar malam yang bukanya jam 11 malam sampai jam 3 (dini hari), ini tidak kami langsung lakukan penutupan. Jadi ada tempat di mana ekonomi ini kami tetap buka, tetap dengan aturan,” kata alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 tersebut