Irsyad Yusuf : Jangan Kotori Sungai dan Laut Kita dengan Sampah

Pasuruan, Jatimpost.com Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf melakukan penanaman bibit pohon  di sekitar lokasi resepsi Hari Lingkungan Hidup, yakni di Halaman Parkir Pariwisata Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (11/9/2017).

“Jangan kita kotori sungai dan laut kita dengan sampah, karena dampaknya adalah pada anak cucu kita kelak. Selain itu, mari kita galakkan program reboisasi secara besar-besaran. Selain sebagai penyumbang oksigen, juga menjaga keseimbangan alam agar terhindar dari bencana seperti tanah longsor, kebakaran dan banjir,” ujar Bupati Irsyad.

Tak selesai sampai di situ, pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu juga mengajak masyarakat untuk sama-sama prihatin dengan kondisi alam dan lingkungan yang banyak mengalami kerusakan akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

“Banyak contoh yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, misalnya penebangan hutan secara besar besaran yang membuat jumlah pepohonan semakin berkurang. Padahal pohon-pohon ini merupakan penyangga air dan tanah. Kalau pohon-pohon sudah habis, longsor jelas bisa terjadi kapan saja,” pungkasnya.

Penanaman pohon ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan mengurangi dampak pemanasan global karena kemampuan pohon yang dapat menyerap emisi karbon penyebab terjadinya pemanasan global.