Ini Strategi Cabup Sidoarjo Gerakkan Ekonomi Keluarga

Sidoarjo – Untuk menggerakkan ekonomi rakyat, Calon Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor memiliki program spesial yang menyasar para ibu-ibu dan perempuan. Program tersebut juga dijadikan program andalan jika terpilih menjadi Bupati Sidoarjo.

Program yang diberi nama Kurma (Kartu Usaha Perempuan Mandiri) itu bertujuan untuk menyuntik ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19 melanda.

“Kartu Kurma ini kami kenalkan sebagai ikhtiar untuk memberdayakan ekonomi perempuan di Sidoarjo yang cukup terimbas dampak pandemi Covid-19. Nantinya diharapkan para ibu-ibu atau perempuan di Sidoarjo bisa membangkitkan dan memulihkan ekonomi keluarga dengan berbagai fasilitas di kartu ini,” kata Cabup yang diusung oleh PKB tersebut, Rabu (7/10/2020).

Dengan adanya program tersebut, menurut Gus Muhdlor, ibu-ibu dan perempuan yang sudah terdaftar bakal mendapatkan bantuan permodalan, pelatihan manajemen bisnis dan keuangan, pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, serta pendampingan sertifikasi untuk berbagai jenis usaha.

Sementara besaran modal yang akan dikucurkan kepada pemegang kartu Kurma akan bervariasi dari Rp 5 juta hingga 50 juta untuk setiap usaha. Sedangkan besarnya bantuan akan disesuiakan dengan skala usaha yang dimiliki.

“Jadi ibu-ibu tidak bingung atau kesulitan lagi mencari modal untuk mengembangkan usahanya,” tambahnya.

Tidak hanya bantuan modal saja, pemegang kartu ini juga akan mendapatkan fasilitas manajemen bisnis dan keuangan. Mereka akan mendapatkan pelatihan bagaimana mengatur keuangan sehingga modal yang didapat bisa dimaksimalkan dan bisa digulirkan untuk mengembangkan usaha.

Selain itu, pemegang kartu ini akan mendapatkan fasilitas berupa pendampingan dan pelatihan pemasaran.

“Fokusnya untuk pendampingan pemasaran ini akan dilakukan untuk platform digital. Jadi nanti pemegang kartu akan mendapatkan berbagai pelatihan seperti pengemasan yang baik, mengenalkan marketplace, bagaimana tips dan trik pemasaran melalui marketplace atau kanal-kanal digital lain,” tambahnya.

Fasilitas lain yang bisa didapatkan pemegang kartu adalah fasilitas sertifikasi untuk berbagai jenis usaha. Seperti PIRT, sertifikasi halal, atau sertifikasi BPOM dan sebagainya sesuai kebutuhan atau sesuai bidang usaha pemegang kartu.