Ini Kunci Sukses Kabupaten Lumajang Tekan Kasus Pasien Positif Covid-19

Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat Talkshow bersama Forkopimda Lumajang, dengan tema Pelonggaran Kegiatan Masyarakat Menuju Lumajang New Normal di LPPL Radio Suara Lumajang

Lumajang, Jatimpost.com – Kabupaten Lumajang saat ini menjadi wilayah zona kuning Corona Virus Desease (Covid-19) di Jawa Timur, yang berarti tidak memiliki kasus pasien Posisif Covid-19. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.

Terkait hal tersebut, Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengapresiasi warganya yang semakin sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesahatan di tengah pandemi covid-19.

“Masyarakat Lumajang memiliki responsibilitas yang tinggi terhadap kondisi saat ini, misalnya ada kejadian ketika ramai orang berkumpul di Pandanwangi, banyak orang yang merespon mengupload, dari respon tersebut baru kami menindaklanjuti agar masyarakat sama-sama sadar,” ujar Cak Thoriq  saat Talkshow bersama Forkopimda Lumajang, dengan tema “Pelonggaran Kegiatan Masyarakat Menuju Lumajang New Normal” di LPPL Radio Suara Lumajang, Rabu (17/06/20).

Dalam acara tersebut, Cak Thoriq juga menjelaskan terkait peraturan Bupati Lumajang nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman kegiatan masyarakat pada kondisi Covid-19. Dalam perbup tersebut, masyarakat diberikan kelonggaran untuk melakukan kegiatan kemasyarakat yang berdampak kepada peningkatan ekonomi. Namun harus memperhatikan protokol kesehatan.

Dirinya juga berharap, agar perilaku disiplin masyarakat yang sudah mulai bagus ini, kedepannya semakin ditingkatkan, sehingga rantai penyebaran Covid-19 di Lumajang dapat diputus dan aktivitas masyarakat kembali normal.

“Saya yakin Lumajang yang sekarang ini di zona kuning on progress sudah semakin bagus, insyaallah dalam waktu dekat kesembuhan juga akan semakin meningkat. Dan, saya juga berharap ke depannya kalau ini sudah bagus, maka kebersamaan ini yang harus kita jaga,” katanya. [hy]