Gus Ipul: Saatnya Pemerintah Terbuka dalam Inovasi Teknologi dan Start-up

95
Gus Ipul menghadiri Seminar Pekan Hilirisasi, Inovasi Teknologi dan Start-up Bisnis Badan Usaha Akademik Universitas Brawijaya (foto: ngopibareng)

Malang, Jatimpost.com – Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menghadiri Seminar Pekan Hilirisasi, Inovasi Teknologi dan Start-up Bisnis Badan Usaha Akademik Universitas Brawijaya. Gus Ipul mengatakan kemajuan teknologi saat ini wajib menjadi modal awal dalam memberikan manfaat bagi perekonomian suatu daerah dan aspek hilirisasi menjadi nilai tambah yang sangat penting.

“Hilirisasi inovasi teknologi adalah persoalan yang penting sekaligus genting saat ini,” kata Gus Ipul, senin (04/12/2017).

Menurut Gus Ipul, saat ini saatnya pemerintah daerah terbuka dalam inovasi yang dilakukan banyak start-up dalam hal ini menyelesaikan permasalahan masyarakat, sehingga mewujudkan pemerintahan kolaboratif. Gus Ipul mencontohkan bagaimana Kabupaten Banyuwangi dapat  menggandeng sejumlah start-up business guna penyelesaian problem masyarakat.

“Di sana Gojek digandeng untuk antar obat ke pasien miskin. Banyuwangi juga menggandeng start-up teknologi pendidikan kelas dunia untuk membantu anak-anak miskin belajar,” terang Gus Ipul dilansir dari ngopibareng.

Banyuwangi adalah contoh rintisan yang kelak bisa diimplementasikan oleh pemerintah Jawa Timur. Bahkan, Gus Ipul akan berusaha mengundang banyak start-up Jatim dan nasional untuk duduk berdiskusi, supaya dapat berkolaborasi membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan masyarakat Jawa Timur, mulai dari pertanian, tata kota, UMKM, kesehatan, sampai pendidikan.