Gunung Arjuno-Welirang Terbakar Lagi

Pasuruan – Kebakaran hutan kembali terjadi, kali ini melanda Gunung Arjuno-Welirang yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo. Titik api berada di wilayah administrasi Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto.

“Kebakaran terjadi di Blok Kokopan wilayah Kabupaten Pasuruan dan Blok Plorotan wilayah Kabupaten Mojokerto,” kata Kepala UPT Tahura R Soerjo Ahmad Wahyudi. Kamis (3/10)

Puluhan petugas Tahura R Soerjo dibantu warga, Koramil, Polsek serta relawan turut ikut membantu pemadaman api.

Kendala yang dialami para petugas dan relawan yakni angin yang berhembus kencang dan lahan yang benar-benar dalam keadaan kering menyebabkan kobaran api cepat membesar dan meluas. Kebakaran di dua lokasi ini diperkirakan meludeskan puluhan hektar lahan.

“Area kebakaran sangat luas dan terus membesar Karena kondisi lahan benar-benar kering dan angin berhembus kencang. Sementara petugas dan relawan masih sangat sedikit,” tambah Wahyudi

Sebelumnya juga telah terjadi kebakaran di Gunung Kembar Satu dan Dua yang masuk wilayah perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu sejak Sabtu (28/9). Area yang terbakar mencapai sekitar 100 hektar lahan.