Grebek Kampung Miras di Probolinggo, Polisi Amankan Puluhan Botol Arak

Foto Istimewa

JatimPost, Probolinggo – Satuan Sabhara Polres Probolinggo, Jawa Timur, melkukan pengrebekan di sebuah perkampungan yang dijuluki kampung miras, tepatnya di Dusun Sukorejo, Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Berdasarkan laporan dari warga, polisi langsung menggerebek rumah, toko dan mendapati miras dengan kadar alkohol tinggi, termasuk jenis arak dari Bali.

“Kami razia miras ini berdasarkan informasi dari warga, yang mana warga dibuat resah dengan penjualan miras itu di Desa Kalibuntu. Razia di kampung miras Kalibuntu, ini kami lakukan secara rutin,” kata Kasat Sabhara Polres Probolinggo, Iptu Ahmad Jayadi, Sabtu (7/11/2020).

Dari pengrebekan tersebut, polisi menyita puluhan botol miras berbagai jenis di dalam rumah Jumat (45). Di rumah itu, polisi mengamankan puluhan botol miras berbagai merk yang kemudian dibawa ke Mapolres Probolinggo.

Adapun Miras yang disita diantaranya, 28 botol miras jenis arak dari  Bali, 9 botol miras jenis arak mini, 14 botol beer merk bintang, 1 botol beer merk prost, dan beberapa botol miras jenis anggur serta merek New Port.

Jayadi mengatakkan, miras mengakibatkan dampak negatif terhadap pelajar dan masyarakat umum. Seperti tawuran, kriminal, pembacokan, balap liar yang berujung kecelakaan lalu lintas dan lainnya.

“Dari kejadian tersebut, kami Polres Probolinggo akan menggelar razia secara rutin di Desa Kalibuntu. Kami berhasil menyita miras yang dirazia. Kami juga memberi pembinaan kepada penyedia atau penjual miras, berupa tindak pidana ringan (Tipiring). Tujuannya, supaya ada efek jera dan tidak kembali menjual minuman keras dengan alcohol berkadar tinggi, seperti arak dan lainnya”, pungkasnya