Gowes Kini Ngetren Lagi, Toko Sepeda di Ponorogo Banjir Orderan

Foto Istimewa

Ponorogo – Gowes atau Olahraga bersepeda akhir akhir ini sedang ngetren khususnya di wilayah Jawa Timur. Akibatnya, penjualan sepeda di beberapa toko pun melonjak sampai tiga kali lipat atau 300 persen. Seperti halnya yang terjadi di toko sepeda yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Ponorogo.

Pemilik toko menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19 penjualan sepeda hanya 3 sampai lima unit per hari. Sedangkan setelah Lebaran yang masih di masa pandemi Covid-19 penjualan mencapai 15 sampai 20 unit per hari.

Bisa disimpulkan penjualan sepeda per hari menjadi naik rata-rata di atas 200 persen, dan permintaan sepeda yang meningkat secara signifikan tersebut berakibat harga sepeda ikut naik pula sampai 15 persen.

Menurut analisa pemilik toko tersebut, penjualan sepeda bisa naik, lantaran berolahraga dengan mengunakan sepeda membuat orang mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Akibatnya, transaksi penjualan sepeda di jalan Sudirman Ponorogo meningkat tajam dibanding sebelum ada wabah virus Corona.

“Bersepeda jadi olahraga viral karena nggak ada kontak fisik dengan orang lain. Tidak seperti olahraga lain, dan selama beberapa hari terakhir ini kami cukup kewalahan, karena pembeli kami tidak hanya dari Ponorogo,” kata pemilik toko tersebut.

Selain itu, diketahui toko sepeda tersebut membandrol sepedanya dari harga berkisar 2 juta sampai dengan harga 5 juta per unit, namun umumnya yang cepat laku adalah unit yang berkisaran 2 juta dengan jenis sepeda gunung dan lipat