Fraksi PKB Jatim Tinjau Kesiapan Pesantren Jelang New Normal

Jatimpost.com – Anggota  PKB DPRD Jawa Timur terus melakukan monitoring terkait rencana pelaksanaan new normal di Jawa Timur. Monitoring kali ini, Fraksi PKB langsung meninjau kesiapan pondok pesantren di wilayah Jawa Timur yang rencananya akan memulai kembali proses belajar mengajar.

Anggota Fraksi PKB Anik Maslachah dan Aisyah Lilia Agustina tampak menijau langsung ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan Pondok Pesantren AL Amin Ngasinan Kediri, (4//6/2020). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh KH. Anwar Mansur dan KH Anwar Iskandar. Dalam kesempatan itu, Anik dan Aisyah berdiskusi dengan pengasuh pesantren seraya memantau fasilitas yang dimiliki pondok pesantren.

Anik mengatakan bahwa kunjungannya tersebut dalam rangka untuk mengetahui kebutuhan pondok pesantren dalam menjalankan stadart kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan pesantren. Sehingga pesantren tidak menjadi claster baru covid-19.

“Langkah ini kami lakukan agar kami mengetahui secara pasti bagaimana kesiapan dan kebutuhan pondok pesantren yang akan memulai proses belajar mengajar di era baru atau new normal, tentu mamasuki era baru di pesantren ini tidaklah mudah, baik dewan guru dan santri harus melakukan adaptasi dan saling mendukung agar semuanya bisa berjalan seperti sediakala dan semua terhindar dari wabah covid-19,” ungkap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur itu.

Saat ini, Fraksi PKB dalam upaya mengawal bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur segera terealisasi ke pondok-pondok pesantren. Bantuan tersebut diantaranya adalah Alat Pelindung diri (APD) 464.182 buah masker, 92.836 blister vitamin C untuk santri, serta 52.759 masker tempat cuci tangan sebanyak 18.564 buah untuk pesantren, 981.122 botol hand sanitizer.  Tidak hanya itu, juga ada bantuan sembako untuk ustad dan ustadzah yang bermukim dengan totalnya ada 44.845 orang.

Selain itu, tidak kalah penting adalah sosialisasi guna memberikan edukasi sederhana agar terhindar dari penyebaran wabah covid-19 kepada santri. Edukasi pola hidup sehat di tengah wabah covid-19 sangat penting untuk mendukung era new normal seperti selalu menggunakan masker, cuci tangan usai aktivitas dan menghindari kerumunan.