Dukung Kebijakan Bupati, Solidaritas Pelaku Seni Budaya (SOLID) Geruduk Kantor DPRD Kabupaten Malang

Foto Istimewa

JatimPost, Malang РRatusan orang yang mengaku tergabung dalam Solidaritas Pelaku Seni Budaya (SOLID) Kabupaten Malang  mendatangi kantor DPRD Kab Malang, Kamis, (13/8/2020).

Tujuan masa tersebut mendatangi kantor Dewan Kab Malang untuk menyuarakan aspirasi mereka ditengah pandemi Covid-19. Para pekerja seni mengaku bahwa selama 5 bulan terakhir nasib mereka tidak jelas rimbanya.

Diketahui sejak memasuki masa transisi new normal, Bupati Malang HM Sanusi beberapa kali sudah mengeluarkan kebijakan kepada pelaku seni untuk kembali berladang. Namun, kebijakan tersebut tak disangka malah dipandang negatif oleh beberapa pihak dengan dalih kepentingan politik.

Menanggapi hal itu, Solidaritas Pelaku Seni Budaya (SOLID) Kabupaten Malang mengatakan, bahwa kebijakan Bupati Malang seharusnya didukung penuh dalam upaya membangkitkan ekonomi masyarakat yang tengah menurun.

“Ada banyak pameran dan pertunjunkan seni budaya yang tertunda selama Pandemi COVID-19. Namun, dengan adanya kebijakan dari Bupati Malang yang membawa angin segar bagi pelaku seni untuk kembali berladang ini harusnya kita dukung penuh,” kata Pemangku Joglo Singo Alit Singosari, Ki Ardhi Dalang Mbeling saat dijumpai setelah berorasi, Kamis (13/8/2020).

Selain itu pihaknya juga menyebut, jika kebijakan tersebut tidak didukung, maka akan berdampak kepada ratusan pekerja seni budaya di Kabupaten Malang yang akan kehilangan penghasilan.

“Kami tidak akan membiarkan kondisi ini semakin meredup dan tentunya sebagai pelaku seni akan selalu kami lestarikan. Kesenian budaya Kabupaten Malang harus tetap hidup karena merupakan sebuah potensi daerah,” pungkasnya.

Selain itu, Ketua DPRD Kab Malang Didik Gatot Subroto menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung  sepenuhnya apa yang diinginkan oleh pelaku seni budaya karna itu sudah menyangkut perekonomian para seni budaya.

“Saya mendukung sepenuhnya keinginan para pelaku seni budaya di Kabupaten Malang untuk kembali berladang karna ini juga menyangkut perekonomian mereka, ¬†oleh sebab itu para senibudaya harus diberi ruang dan kesempatan tampil dimasyarakat guna memperkokoh yang namanya kehidupan berkebangsaan,” tegasnya.