Dikabarkan Mudik Dari Surabaya, Seorang Pria Asal Blitar di Nyatakan Positif Covid-19, Ini Kronologinya

Foto Istimewa

Blitar – Seorang pria berusia 67 tahun asal Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar dinyatakan positif menderita penyakit Covid-19 setelah diketahui baru saja pulang kampung usai merantau di Kota Surabaya.

Kronologi tersebut dijelaskan langsung oleh Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, sebelum pulang ke Kesamben, pria itu sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya.

Karena ada gejala klinis terpapar virus Corona, akhirnya dia di-swab test dua hari berselang. Namun sehari kemudian pihak rumah sakit mengizinkan pasien tersebut pulang.

“Dia merantau di Surabaya, pada tanggal 10 April masuk rumah sakit di Surabaya. Lalu  tanggal 12 April diambil swab. Kemudian tanggal 13 April dia diperbolehkan pulang,” terang Krisna Yekti, Sabtu (18/4/2020).

Menurut informasi yang beredar, pasien tersebut di Surabaya berstatus perantau yang menjual Nasi Goreng dan kebetulan tidak memiliki sanak family yang akan merawat dia di rumah sakit Surabaya, akhirnya dia memutuskan pulang ke daerah aslinya Blitar.

Setelah sampai di Blitar hasil swab pasien tersebut keluar dan hasilnya positif Covid-19.

“Dikarnakan swabnya di Surabaya, notifikasi positif itu akhirnya bukan kami yang menerima namun rumah sakit yang melakukan swab di Surabaya sana,” Jelas Krisna.

Setelah menerima informasi jika hasil swabnya positif, awalnya pasien berniat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Akan tetapi dikarnakan kondisi pasien menurun disertai dengan gejala klinis sesak nafas serta badan lemas, akibatnya petugas dari RSUD Ngudi Waluyo Wlingi pada Jumat (17/4/2020) malam menjemput pasien untuk diisolasi dan mendapatkan perawatan intensif.

“Dia pengenya isolasi mandiri. Namun karena kondisinya menurun akhirnya petugas RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, menjemput ke rumah untuk dibawa ke rumah sakit,” tutur Krisna.