Diduga Korsleting Alat Blower, Pabrik Spare Part Sepeda Motor di Lamongan Terbakar

Kondisi Pakbri Spare Motor PT Win saat terbakar

Lamongan, Jatimpost.com Sebuah Pabrik Spart Part motor milik PT. Wira Inti Nurmala (PT WIN) yang terletak di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan Jawa Timur ludes terbakar siang tadi, Sabtu (12/9/20). Percikan api diduga berawal dari korsleting alat blower yang berada dibagian sebelah timur pabrik.

“Munculnya api bermula adanya korsluiting alat blower gudang painting bagian belakang sebelah timur dan berubah menjadi api sekitar pukul 11.15 WIB,” ujar Mulyanto salah satu karyawan yang berhasil menyelematkan diri dari kobaran api.

Saat awal mula kebakaran terjadi dan meludeskan sebagian gudang pabrik, Mulyanto mengatakan ada beberapa karyawan yang berusaha untuk memadamkan api. Namun, apa daya karena alat pemadaman seadanya, kobaran api yang semakin membesarpun tak bisa terelakkan.

“Karena alat pemadam (exhaust) yang digunakan terlalu kecil ditambah angin kencang dan beberapa bahan yan mudah terbakar. Meski karyawan berusaha memadamkan, tapi api semakin besar dan akhirnya melarikan diri dari kobaran api,” katanya.   

Sementara itu, Kapolsek Deket Iptu Sri Iswati mengaku belum tahu penyebab terjadinya kebakaran tersebut. “Belum tahu pastinya. Yang terpenting karyawan pabrik sudah keluar dan menyelamatkan diri semua,” ucap Ipti Sri Iswati di lokasi kebakaran saat memasang police line.

Iptu Iswati juga menyampaikan, terdapat enam mobil pemadam kebakaran dari Lamongan yang berusaha memadamkan api.  “Ada 6 mobil PMK yang berusaha memadamkan api. Ini tadi juga ada dua petugas PLN yang membantu memutuskan kabel aliran lsitrik dengan pabrik,” akunya.

Pihaknya juga mengatakan, belum bisa memastikan berapa jumlah kepastian kerugian yang diderita pabrik PT. WIN akibat kebaran tersebut. [hy]